Selasa, November 04, 2008

Disable Windows Server 2003 Shutdown Event Tracker

With all the beta products I work with, using Virtual PC has become my main mode of project development. And while using VPC, I have noticed that Windows 2003 Server performs a lot better than Windows XP as a guest OS for perf and file size. So now I only use Windows 2003 Server. Not really that different to dev with, I do have one annoyance with Win 2k3 that I can do without and that's the Shutdown Event Tracker. It's great if you are running an organization that needs to manage server realibilty, but when you are turning VPC's on and off all day long... not a lot of use for it. Of course, MSFT has this on by default as it does serve its purpose. But if you don't need it like I don't, how do you turn it off?

Here's how... (assuming your machine is NOT a part of a domain - if it is look here)
  1. From Window's Start menu, select Run and enter GPEDIT.MSC
  2. From the Group Policy Object Editor, expand Computer Configuration | Administrative Templates | System
  3. Double-click Display Shutdown Event Tracker from the System Setting list
  4. Select the Disabled option button
  5. Click OK
  6. Close Group Policy Object Editor

AntiVirus Gratis dengan rating bagus dan standard untuk dimiliki....

Perkembangan virus baru kita rasakan cepat sekali saat komputer kita terkena virus sampai kita kita merasa putus asa untuk dapat membersihkannya.... hehehe saat itu baru kita merasa perlu sekali sebuah antivirus yang dapat diandalkan menjaga peralatan kita. Namun sampai saat ini tidak ada satu antivirus didunia yang bisa membendung serangan berbagai virus yang setiap harinya selalu bertambah dan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Akhirnya kita merasa bahwa Antivirus adalah program wajib dalam komputer.

Oleh karena kegunaannya tersebut, beberapa vendor antivirus memasang bandrol yang sebenernya terjangkau sih, tapi oleh karena seperti yang saya sebutkan di atas kita kadang mencari Antivirus yang gratis, khususnya yang sedang menghindari kena sweeping atau pemeriksaan software bajakan. Antivirus yang bayar menawarkan perlindungan yang lebih komplit dan customer care. Ini daftar antivirus terbaru dan alamat update-nya. Update diperlukan karena setiap hari bermunculan virus-virus baru.

1. Avira AntiVir PersonalEdition Classic

Avira AntiVir Avira menawarkan software anti virus yang lengkap dan gratis. Software ini juga dilengkapi perlindungan terhadap virus, trojans, backdoor program, worm, dan lain-lain.

2. AVG Free Edition

AVG dilengkapi dengan resident shield, email scanner, anti virus/trojan. Tidak berat dijalankan di komputer.

3. PCclear Antispyware with Free Antivirus

PCclear Antispyware with Free Antivirus merupakan software anti virus gratis yang dilengkapi dengan anti spyware, active X & registry protection, dan history sweeping.

4. Avast Home Edition

Avast Home Edition menawarkan anti virus, worm, trojan, boot time scanner, feature screen saver scaner membuat antivirus ini dapat bekerja sebagai screen saver.

5. Gucup Antivirus (GAV)

Gucup antivirus mampu men-scan virus dan malware. Dapat mendeteksi virus dalam ZIP atau RAR file. Buatan Universitas AtmaJaya Yogyakarta Indonesia.

6. BitDefender Free Edition

BitDefender adalah antivirus gratis yang juga anti spyware yang menawarkan update setiap jam.

7. RemoveIT Pro

RemoveIT Pro adalah anti virus gratis yang juga mendeteksi dan menghilangkan Spyware, Malware, Worm, Trojan dan Adware.

8. Comodo AntiVirus

Comodo AntiVirus menawarkan proteksi tehadap antivirus dilengkapi anti spyware, trojan, dan malware yang lain. Ditambah feature email scanning dan worm blocker.

________________________________________________________

Tips:

  • Selalu update program antivirus (virus definition dan engine) agar terhindar dari virus-virus baru. Jika memungkinkan update setiap minggu atau paling tidak setiap bulan.
  • Jangan menginstall lebih dari satu antivirus dalam suatu sistem, karena akan memperlambat sistem tersebut.
  • Banyak virus yang icon-nya mirip file biasa (misalnya mirip Microsoft Word atau JPG), padahal file tersebut adalah virus dan memiliki ekstensi EXE (executable). Untuk menghindari hal seperti ini, buka Windows Explorer, Tool -> Folder Option -> View. Check pada pilihan Show Hidden Files and Folder, uncheck pada pilihan Hide Extension for Known Type Files, uncheck pada pilihan Hide Protected Operating System Files.
  • Berhati-hati membuka file EXE atau COM dari Internet atau komputer lain. Selalu scan file yang diperoleh dari luar komputer, apalagi hasil download dari Internet.
  • Daftar antivirus di atas diurutkan pada jumlah download di Softpedia. Antivirus yang paling sering di-download adalah antivirus yang populer dan dipercaya banyak orang (plus iklan yang bagus). Daftar di atas tidak diurutkan berdasarkan performa.

BIOS

oleh batikmadrim

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai “kehidupan” dalam tulisan Yunani (Βίος).

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi (SO, atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu mengetahui sistem operasi yang digunakan dalam komputer (termasuk PC, komputer personal). Secara umum Sistem Operasi pada komputer terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu :

Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).

Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll

Filesystem

Ketika kita mencoba untuk berpindah dari satu sistem operasi (SO) ke sistem operasi lainnya, hal yang paling mempengaruhi adalah perbedaan pada kedua tipe file system SO tersebut. Oleh karena itulah, mengenali file system bagi pengguna SO baru adalah hal yang relatif sangat penting. Seperti misalnya berpindah dari Microsoft Windows ke GNU/Linux. Awalnya, mungkin pengguna tersebut cukup canggung dengan perbedaan tanda pemisah direktori, dimana Windows menggunakan backslash ( \ ), sedangkan GNU/Linux menggunakan frontslash ( / ). Tidak hanya itu, masih ada beberapa hal lain juga yang harus dikenali oleh pengguna Windows yang ingin hijrah ke GNU/Linux

Layaknya UNIX, GNU/Linux memakai hirarki tunggal untuk filesystem-nya. Direktori yang tertinggi adalah “ / ” (simbol frontslash tanpa tanda petik-disebut juga dengan "root directory"), baru kemudian ada direktori-direktori lain dibawahnya. Dalam Windows, kita mengenal drive C, D, dan E menjadi hirarki tertingginya. Sementara dalam GNU/Linux, drive disembunyikan kenampakannya. Kita bisa me-mount (mengaitkan) suatu partisi hard disk ke direktori kosong manapun (jika kita punya akses root). Bagi pengguna, pemakaian tampilan tunggal akan lebih memudahkan untuk pengorganisasiannya. Pengguna akan melihat hirarki tunggal saja, walaupun pada kenyataannya terdapat banyak hard disk di dalam sistem komputernya. Hasilnya adalah keamanan dan perlindungan yang lebih terhadap risiko crash dan kehilangan data.

Direktori

Dalam SO Windows, umumnya program pengguna ataupun aplikasi bawaan Windows diletakkan dengan format seperti ini:

C:\Program Files\[nama program]

Dalam GNU/Linux, file-file dari suatu program tidak diletakkan dalam satu direktori, tapi tersebar di antara direktori-direktori yang lain. Memang awalnya membingungkan bagi pengguna, tapi lebih memudahkan bagi para administrator sistem yang sering bekerja dengan jaringan. Keamanan juga menjadi lebih terjamin.

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari direktori-direktori di bawah root directory (/) di GNU/Linux sesuai dengan FHS (Filesystem Hierarchy Standard).

/bin

merupakan direktori khusus yang berisi program-program binari. Tidak ada subdirektori di sini. Semua yang ada di sini semuanya bisa dieksekusi (executable). Semua file yang vital untuk proses boot ada di sini. Begitu juga file-file binari yang penting dalam single-user mode. Misalnya yang dibutuhkan ketika terjadi kerusakan pada sistem. Direktori ini dapat diakses oleh semua pengguna dan biasanya ada dalam variabel path masing-masing pengguna.

/sbin

Sama seperti /bin, hanya saja digunakan khusus oleh sysadmin (pengguna dengan akses root). Fsck (untuk mengecek filesystem), init (induk dari semua proses yang berjalan), ifconfig (konfigurasi jaringan), dan mount (pengait filesystem) ada di direktori ini. Ini adalah direktori paling vital di GNU/Linux. Jadi hati-hati!

/lib

Di dalam direktori ini terdapat file-file library yang dibutuhkan oleh program-program yang ada di /bin maupun /sbin. Modul kernel juga terletak di direktori ini. Biasanya di direktori /lib/modules.

/usr/bin

Sama seperti /bin, tapi untuk program-program lain yang tidak terlalu vital atau program aplikasi biasa. Contohnya XMMS, Scribus, The GIMP, dsb.

/usr/sbin

Sama seperti /sbin, di dalamnya terdapat program-program yang hanya digunakan oleh sysadmin namun program tersebut bertindak sebagai daemon (service). Direktori ini adalah lokasi program-program yang hanya boleh dijalankan oleh sysadmin untuk mengatur sistem.

/usr/lib

Sama seperti /lib, tapi untuk file-file yang ada di direktori /usr/bin dan /usr/sbin.

/etc

Direktori ini berisi file-file setelan (setting) untuk suatu program. Jika suatu program bisa diatur konfigurasinya, maka letak hasil konfigurasinya akan berada di sini. Kita membutuhkan root untuk mengakses direktori ini karena hasil konfigurasi yang dikerjakan akan berpengaruh untuk seluruh sistem. Para pengguna GNU/Linux yang berpengalaman umumnya sangat mengenal isi direktori ini. Mengapa? Karena semua setting agar GNU/Linux dapat berjalan sesuai dengan apa yang mereka inginkan ada di sini.

/var

Direktori sibuk. Isi direktori ini selalu mengalami perubahan sangat cepat, dan biasanya tanpa intervensi pengguna sama sekali. Termasuklah didalamnya file log sistem dan web server.

/home

Ini adalah satu-satunya direktori yang perlu diketahui sekaligus dipahami oleh pengguna biasa. Isinya adalah dokumen, musik dan data pribadi pengguna, serta setting khusus untuk pengguna tersebut. Jika nama pengguna adalah ABC, maka direktori /home pengguna tersebut adalah /home/ABC. Di dalam /home/ABC inilah sang pengguna berkuasa sepenuhnya. Tapi sayangnya, sang root masih memiliki kekuasaan untuk menembusnya.

/usr/share/doc, /usr/share/man

Kata share menunjukkan bahwa sesuatu yang berada di dalamnya boleh dilihat oleh semua pengguna. Hal ini juga berarti bahwa isinya tidak tergantung pada platform hardware tertentu (i386, ALPHA, dll). Disinilah letak dokumentasi program (usr/share/doc) dan manual dari program (usr/share/man) yang akan menjadi pemandu pasif anda di dalam sistem operasi berlogo penguin ini.

/tmp

Ini adalah rumah untuk file-file sementara, misalnya file yang akan segera berubah atau terhapus ketika sistem dimatikan atau tempat menulis sementara untuk program-program yang sedang berjalan.

/mnt

Ini adalah tempat untuk mengaitkan partisi hard disk atau filesystem yang lain, bahkan terkadang juga sebagai media penyimpanan yang bisa dipindahkan seperti cdrom atau floppy disk. Pada distro Fedora, cdrom dan floppy ada di /media sedangkan pada distro Mandriva ada di /mnt.

/media

Selain di /mnt, beberapa distro juga menaruh titik-kait (mount point) untuk media penyimpanan yang bisa dipindahkan seperti cdrom, floppy disk, flash disk, ZIP drive, dsb..

/proc

Segala sesuatu yang berhubungan dengan proses yang sedang berjalan ada di sini. Di Windows mungkin akan disebut sebagai task manager.

/opt

Kepanjangan dari opt adalah optional. Maksudnya, terkadang ada pembuat software yang menginginkan software-nya ter-install dalam satu direktori, tidak tersebar di antara direktori-direktori yang lain. Pembuat software jenis ini bisa meletakkan software-nya di direktori ini. Sebenarnya, meng-install software ke dalam satu direktori saja tidak disarankan bagi para pemaket software, karena hal ini akan membuat pekerjaan sysadmin menjadi lebih susah.

Pembagian direktori seperti di atas merupakan salah satu acuan bagi para pembuat distribusi GNU/Linux (dan atau UNIX) untuk mengatur letak file-file sebagaimana umumnya. Jadi, hal ini bukanlah suatu dogma mutlak yang harus dipatuhi dalam ranah SO rintisan Linus Torvalds ini. Kadang, akan ada sedikit perbedaan antara GNU/Linux satu dengan yang lainnya mengenai pembagian direktori ini. Namun, semuanya tetap mengacu pada standar yang sudah ada. Bukan standarnya yang bermasalah, tetapi memang ada direktori yang opsional, misalnya direktori /home. Maklum, karena memang ada pengembang salah satu distro yang menaruh file khusus user (pengguna) di direktori /var sementara yang lain tidak.

Sebagai penutup, pesan terakhir dari redaksi. Untuk mengubah setting secara global penguin anda, sebaiknya anda menggunakan tool administrasi yang sudah tersedia GUI-nya saja di GNU/Linux. Hal ini relatif lebih baik dan aman ketimbang mengutak-atik direktori /etc secara langsung.

Sejarah Komputer

Bagi sebagian orang, menggunakan komputer mungkin sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari, dari membuat dokumen kerja, browsing, chatting, main game, memutar mp3 atau lainnya. Tapi pernahkan anda berfikir bahwa dibalik semua fasilitas dan kecanggihan sebuah komputer, baik itu berbentuk desktop atau laptop tersimpan catatan sejarah yang panjang dari yang paling primitif hingga yang paling canggih.

Mungkin anda akan terkejut bahwa komputer yang paling canggih saat ini ternyata diilhami oleh alat-alat primitif pada jaman purba

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.


Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.


Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.


Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.

Peralatan Mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

Peralatan Mekanik Elektronik : Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik.

Peralatan Elektronik : Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.



ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK

Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.

Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.

Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dgn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.


KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.



KOMPUTER GENERASI KEDUA

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.



KOMPUTER GENERASI KETIGA

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.



KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi
sangat besar.



KOMPUTER GENERASI KELIMA

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Internet Reg.
Ada istilah lain di internet E-mail yang ada didalamnya

Apa yang dimaksud dengan spamming?

Spamming adalah pengiriman e-mail berisi promosi tanpa persetujuan pemilik e-mail atau pengiriman email kepada orang-orang yang tidak secara khusus memintanya. Spamming merupakan pelanggaran serius dalam etika berinternet.

Alamat e-mail biasanya diperoleh dengan cara harvesting atau menyalin alamat e-mail dari milis atau publikasi lainnya, baik secara manual maupun dengan bantuan program tertentu. Namun, perlu dibedakan dengan e-mail promosi yang memang diminta oleh seseorang yang melakukan permintaan informasi lebih lengkap pada suatu website. Karena berdasarkan permintaannya, maka e-mail yang dikirim tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai spam.

Selain dikirim ke alamat e-mail pribadi tanpa persetujuan dari pemiliknya, biasanya spam e-mail dikirim ke sembarang alamat milis tanpa persetujuan moderator.

Spamming adalah masalah yang cukup sering terjadi di dunia Internet Marketing, karena merupakan cara promosi yang sangat dilarang. Bahkan di negara maju seperti Amerika sudah ada larangan dalam bentuk peraturan baku menindak keras jika seseorang terbukti melakukan spam.

Termasuk dalam aktivitas spamming yaitu pengiriman bulk email ( email borongan) dan “ junk mail ” ( email sampah) yang tidak pernah diminta dan diinginkan oleh penerimanya. Selain itu, aktivitas newsgroup yang tidak pantas berupa pengiriman materi yang sama pada beberapa newsgroups , pengiriman email komersial pada mailing list (milis) yang tidak sesuai topik mailing list tersebut maupun tanpa seizin moderator juga dianggap sebagai spam .

A. MELANGGAR TATA TERTIB, yang mengakibatkan DIKELUARKAN dari mailing
list:

1) POSTING/EMAIL FIKTIF
Mengirim email yang dicurigai/terjadi karena memakai (pembajakan) email
anggota lain dan/atau untuk maksud-maksud tidak bertanggung jawab dengan
cara sengaja menghindar, menutup-nutupi dan berbohong dengan data personal
pribadi (anonymous) dalam melakukan posting ke Palanta RantauNet.

2) FLAMMING.
Flamming adalah mengirim email (posting) yang materinya bisa membuat
penerima email tersinggung (membakar keadaan). Posting yang sering
mengakibatkan terjadinya Flame, materi isinya kontra-produktif, berisikan
kata-kata kasar, menyerang pribadi, sindiran, hujatan, pelecehan/meremehkan
terhadap perorangan, suku, ras, gender dan agama (keyakinan).

3) SPAMMING.
Spamming adalah mengirim mail (posting) yang jauh menyimpang dan tidak
relevan dengan MAKSUD dan TUJUAN yang ada. Atau tidak diinginkan oleh
mayoritas anggota. Posting SPAMMING biasanya berisikan warning virus, hoax
email (email bohong, dari sumber yang tidak jelas), media buyer, multi level
marketing, surat berantai, surat yang tidak berarti (junk mail) dan bomb
mail (mengirim email sama berulang-ulang).


Sejarah Windows - Linux

Sedikit yang tahu, bahwa Sistem Operasi Windows dan Linuk mempunyai catatan sejarahnya masing-masing. Berikut ini adalah catatan perjalanan sistem operasi tersebut yang diambil dari berbagai sumber.


Microsoft Windows

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi dunia.

Windows 1.0
Sejarah Windows diawali saat Microsoft memulai pengembangan Interface Manager, yang kemudian hari diubah namanya menjadi Microsoft Windows pada September 1981. Pada prototype pertama, interface Windows menggunakan menu yang ada di bawah layer. Tapi kemudian interface itu berubah menjadi menu pull down dan kotak dialog seperti yang digunakan pada Xerox Star. Hal itu terjadi di tahun 1982. Microsoft mengumumkan Windows di bulan November 1983. Sebelumnya telah ada system operasi lain yang sudah dirilis terlebih dahulu, seperti VisiOn, TopView dan Apple Lisa. Dan setelahnya ada GEM, DESQ, Amiga Workbench, GEOS/GeoWorks Ensemble,IBM OS/2,NeXTstep dan DeskMate. Di dalam promosinya, Windows menjanjikan suatu interface grafis yang mudah digunakan dan dengan dukungan multitasking. Terjadi beberapa kali penundaan dalam proses pengembangannya, dan pada akhirnya Windows 1.0 sudah resmi beredar pada November 1985.

Windows 2.0
Peluncuran Windows 2.0 dilaksanakan pada November 1987 dengan menyediakan peningkatan yang signifikan. Berbagai tambahan seperti icon dan window yang bias muncul secara bersamaan, menjadikan Windows sebagai lingkungan yang cocok untuk pengembangan beberapa aplikasi penting. Contohnya Excel for Windows, Word for Windows, Corel Draw, Ami, PageMaker dan Micrografx Designer. Penjualan juga meningkat karena adanya versi Single Application Environment yang disuplai oleh vendor independent. Selain itu Windows juga mendapat perhatian yang lebih saat Aldus Pagemaker muncul dalam versi Windows, karena sebelumnya hanya ada di Macintosh. Beberapa ahli komputer percaya bahwa itulah aplikasi pertama non Microsoft yang muncul di Windows. Pada versi 2.03, Windows mendapat gugatan hokum dari Apple karena menurutnya Windows meniru kesan dan tampilan dari AppleMacintosh. Tapi tuntutan yang seluruhnya berjumlah 189 itu semua dibatalkan oleh hakim bernama Willian Shwarzer, dan hanya 10 tuntutan saja yang harus dipenuhi. Perkara itu terjadi pada 5 Januari 1989.

Windows 3.0
Dirilis pada Mei 1990, Windows 3.0 memiliki kemampuan pengalamatan memory hingga 640 KB dan user interface yang lebih baik. Para pengembang software dengan semangatnya mengembangkan aplikasi untuk lingkungan Windows . Sebuah versi limited edition yaitu Windows 3.0 with Multimedia Extentions 1.0, dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dikemas dengan multimedia kit pertama yang berisi sound card dan CD-ROM. Versi ini juga merupakan cikal bakal fitur multimedia yang nantinya terdapat di versi 3.1.

Windows 3.1
Pada Agustus 1992, merespon peluncuran dari OS/2 milik IBM, Microsoft mengembangkan Windows 3.1 yang berisi beberapa perbaikan dari versi 3.0 seperti TrueType font. Tapi perbaikan yang utama adalah dukungan untuk multimedia. Kemudian di versi 3.11, tidak ada fitur baru yang di berikan, hanya perbaikan masalah jaringan. Versi 3.11 ini ditujukan untuk menggantikan 3.1 pada level retail dan OEM.
Windows for Workgroups 3.1

Bulan Oktober 1992, diluncurkan versi Windows terbaru yang menyediakan fasilitas “peer-to-peer file and printer sharing”. Fasilitas tersebut memberikan kemudahan kepada pengguna untuk membangun sebuah Workgroup. Sistem file-sharing digunakan untuk memudahkan pemakaian file oleh orang lain dari platform sama atau pun dos. Microsoft juga memasukkan aplikasi baru “Microsoft mail dan Schedule”

Windows NT
Maret 1994, Microsoft menciptakan sebuah Platform untuk sistem yg tinggi “High End System”. Sistem ini dibangun untuk keperluan pelayanan jaringan/workgroups. Antaramuka yang digunakan sama dengan Windows 3.11, tetapi menggunakan kernel OS yg baru. Menyediakan OLE 2.0. Kemampuan ditingkatkan dan mengurangi penggunaan memori. September 1994, Windows NT 3.5 Workstation diluncurkan untuk menggantikan Windows NT 3.1, dan Windows NT 3.5 Server menggantikan Windows NT 3.1 Advanced Server. Mei 1994 projek pertama Microsoft untuk “object-oriented Windows” diluncurkan dengan nama Windows NT4.0.

Windows 95
Diperkenalkan kepada publik pada bulan August tahun 1995, Windows 95 menggunakan sistem 32bit dan adanya penambahan fasilitas “multitasking”. Memiliki antaramuka yg lebih baik dari sebelumnya.

Windows 98
Juni 1998, Windows 95 adalah generasi dan dunia baru bagi penggunaan internet. Memperkenalkan teknologi baru active desktop yang membolehkan kita membuka halaman internet langsung dari desktop. Internet explorer 4.0 adalah browser baru yang menyokong HTML 4.0. sokongan ACPI pada OnNoW adalah untuk pengelolaan listrik (power management) yang lebih baik. Dilengkapi peralatan untuk menukarkan (konversi) FAT16 kepada FAT32. Ciri “Multiple Display Support” membolehkan pengguna menggunakan hingga 8 monitor sekaligus. Menyokong peripheral baru dan juga teknologi baru seperti DVD, Firewire, USB, dan AGP. Win32 driver model membolehkan pengguna menggunakan driver yang sama dengan Windows NT 5.

Windows NT 5
Mengandungi banyak feature baru. Sama seperti Windows 98, NT 5 di datangkan bersama IE 4.0. WIndows NT 5 merupakan cikal bakal dari Windows 2000

Windows 2000
Manjadi platform yang terbaik dalam keluarga WINDOWS yang memiliki kemampuan untuk membangun atau dibangun menjadi Internet, Intranet, Extranet dan pengelolaan aplikasi menggunakan Active Directory. Pengguna dapat membangun VPN (virtual private network) sendiri yg aman dengan menggunakan sambungan internet dan pilihan protokol sendiri. Dapat menginstallkan (deployment) aplikasi kepada komputer pengguna didalam LAN menggunakan Windows Installer.

Windows ME
14 September 2000, singkatan dari Millenium Edition. Ditujukan untuk penggunaan di rumah. Memiliki banyak fungsi multimedia seperti Movie Maker, Windows Media Player dll. WIndows ME pada dasarnya adalah peningkatan dari OS terdahulu yang menggunakan DOS-base OS

Windows XP
25 Oktober 2001, Windows XP mulai diluncurkan. Versi ini memiliki tampilan yang sangat memukau, sangat halus dan elegan ditujukan kepada pengguna yang tidak hanya memikirkan fungsi tetapi juga keindahan. Fasiltias yang dimiliki tidak jauh berbeda dari versi-versi sebelumnya, kelebihannya adalah dalam hal security/keamanan. Setiap copy dilengkapi dengan kode aktivasi yang berlaku selama 30 hari sesudah itu pengguna harus mendaftarkan OS-nya kepada Microsoft. Bila hal tersebut tidak dilakukan maka, Windows akan menolak pengguna untuk login kedalam komputernya.

Windows Vista
Merupakan nama dari versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).

Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.



Linux

Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar Universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan secara komersial.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

Berikutnya, beribu-ribu penulis program sukarelawan seluruh dunia telah menyertai proyek ini.

Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyek program bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya — diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka Linux ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. Oleh karena itu, Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU.

Walaupun kernel Linux dilisensikan di bawah GNU General Public License, ia bukannya sebesar dari proyek GNU.

Tux, seekor Pinguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. Linux adalah trademark (SN: 1916230) yang dimiliki oleh Linus Torvalds. Linux terdaftar sebagai “Program sistem operasi komputer bagi penggunaan komputer dan operasi”. Trademark ini didaftarkan setelah ada suatu kejadian di mana seorang pemalsu bernama William R Della Croce Jr mulai mengirim surat kepada para distributor Linux dan megklaim trademark Linux adalah hakmiliknya serta meminta royalti sebanyak 10% dari mereka. Para distributor Linux mulai mendorong agar trademark yang asli diberikan kepada Linus Torvalds. Pemberian lisensi trademark Linux sekarang dibawah pengawasan Linux Mark Institute.

Cara Membobol Login Windows Xp

artikel ini bertujuan untuk menambah ilmu saja,,,karena ilmu tidak boleh dibatasin heehee…tul gak..??

persiapan :

siapkan hati siapkan otak trus ati-ati ketauan sama si pemilik user

mulai aja dech

1. Masuk login sebagai administrator ato user lain yang anda tau passwordnya (atau tidak pake password). kalo bisa pake safe mode yaitu dgn cara waktu booting windows teken F8 kemudian pilih safe mode.
2. masuk ke RUN kemudian ketik cmd/command untuk membuka command prompt punya windows.
3. Masuklah ke partisi / drive posisi windows anda terinstal. Ex : C:\Windows
3. Aktifkan dos prompt di posisi drive tempat terinstal windows anda (jika aktifnya di drive lain). Ex: D:\…….. kemudian rubah dengan mengetik : C:
4. Masuk ke direktori windows dengan mengetikkan : CD WINDOWS\SYSTEM32
5. Ketik perintah : copy logon.scr logon.bak
6. Ketik Perintah : copy cmd.exe logon.scr
7. Jika ada comment yang bertuliskan OVERWRITE …. ktik ja y untuk memilih yes
8. Ketik : netuser (Nama User) kemudian password baru yang anda inginkan
Ex: netuser dodol 123
9. Angka 123 diatas sudah menjadi password baru bagi user yang namanya dodol.
10. Untuk mengosongkan password dari user tersebut, anda bisa masuk ke CONTROL PANEL - USER ACCOUNT kemudian remove password.

Selamat Mencoba…..

good luck

Struktur Registri Pada Windows

Struktur registry agak mirip dengan struktur direktori dalam sistem berkas. Selain itu, registry juga dapat diakses dengan menggunakan sintaksis yang sama dengan cara mengakses berkas, dengan menggunakan karakter garis miring terbalik (backslash) untuk menandakan tingkatan hierarkis. Susunannya adalah seperti \\. Sebagai contoh, My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows, yang merujuk kepada sebuah subkey yang memiliki nama "Windows" yang terdapat di dalam subkey Microsoft, yang terdapat di dalam key dengan nama Software, yang terdapat di dalam subtree HKEY_LOCAL_MACHINE.

Setiap key dan subkey tersebut dapat memiliki nilai yang dapat ditentukan atau nilai default, yang disebut sebagai Value. Akan tetapi, cara mengakses value tidaklah sama dengan cara mengakses berkas dalam sistem berkas, mengingat nama value dapat mengandung karakter backslash yang dapat menjadi ambigu ketika menggunakan cara baca seperti halnya mengakses sistem berkas. Adalah fungsi-fungsi dalam Windows 32-bit Application Programming Interface/API (Win32 API) yang dapat melakukan query dan manipulasi terhadap value-value registry, yang dilakukan dengan cara mengambil nama value secara terpisah dari path key yang merupakan parent key. Setiap value memiliki jenis-jenis datanya masing-masing yang dapat dilihat pada bagian berikut.

Registry Windows terdiri atas beberapa anak pohon berikut, yang disusun secara hierarkis dengan My Computer sebagai root directory-nya:

  • HKEY_LOCAL_MACHINE, sering disebut sebagai HKLM, merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk konfigurasi sistem yang bersangkutan, yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak. Semua yang terdapat di dalam anak pohon ini diaplikasikan kepada semua pengguna.
  • HKEY_CURRENT_USER, sering disebut sebagai HKCU, merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang dimiliki oleh pengguna yang sedang melakukan logon, yang menyimpan informasi mengenai konfigurasi preferensi pengguna (konfigurasi desktop, warna, dan konfigurasi lainnya yang setiap pengguna dapat melakukan kustomisasi terhadapnya).
  • HKEY_USERS, sering disebut sebagai HKU, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi setiap pengguna yang terdaftar di dalam komputer yang bersangkutan. Setiap anak kunci dari anak pohon ini diidentifikasikan dengan menggunakan nomor Security Identifier (SID) yang dimiliki oleh pengguna. Ketika pengguna melakukan logon, SID yang cocok akan dimuat ke dalam anak pohon HKEY_CURRENT_USER.
  • HKEY_CLASSES_ROOT, sering disebut sebagai HKCR, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi asosiasi/pemetaan ekstensi sebuah berkas atau objek Object Linking and Embedding (OLE) dengan aplikasi yang dapat menanganinya. Sebagai contoh, berkas berekstensi .txt akan ditangani oleh aplikasi editor teks seperti Notepad dan masih banyak lainnya.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG, sering disebut sebagai HKCC, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan saat itu, yang diperoleh pada saat proses booting dilakukan. Informasi yang disimpan di sini bersifat volatil dan tidak disimpan secara permanen ke dalam berkas penampung registry, tapi akan selalu dibuat setiap kali proses booting dilakukan.
  • HKEY_DYN_DATA, yang hanya terdapat di dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, merupakan tempat penyimpanan konfigurasi dinamis untuk semua perangkat keras plug-and-play. Tidak ada padanannya dalam Windows NT, tapi dalam Windows NT 5.x, terdapat sebuah anak pohon HKEY_PERFORMANCE_DATA, yang hanya digunakan untuk mengumpulkan informasi performance counter Windows 2000, mengingat semua konfigurasi perangkat keras disimpan di dalam HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\.

Catatan: HKEY di dalam registry Windows, merupakan singkatan terhadap kata "Handle to Key".

HKEY_LOCAL_MACHINE

Menyimpan informasi/data mengenai semua konfigurasi mesin yang bersangkutan. HKLM bukanlah symbolic link ke kunci registry manapun. HKEY_LOCAL_MACHINE memiliki beberapa anak kunci, yakni:

  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE, berguna untuk menyimpan semua konfigurasi perangkat lunak yang terinstal di dalam komputer yang bersangkutan, dan konfigurasinya yang akan diaplikasikan kepada semua pengguna, baik pengguna yang melakukan logon secara lokal/interaktif maupun yang melakukan logon secara remote (melalui service logon, batch logon, atau terminal services logon).
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM, berguna untuk menyimpan semua informasi dan konfigurasi sistem operasi Windows yang sedang berjalan. Di sini terdapat semacam recovery point, yang disebut sebagai LastKnownGood Configuration, yang akan digunakan pada saat sistem mengalami masalah pada saat proses booting. Semua konfigurasi driver dan layanan Windows (Win32 Service dan komponen Windows seperti NTFS dan TCP/IP) disimpan di sini.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM, berguna untuk menyimpan basis data akun pengguna yang terinstal di dalam sistem operasi yang bersangkutan. Secara default, SAM tidak dapat diakses, bahkan oleh administrator sekalipun, karena memang access control-nya tidak memungkinkan hal itu dilaksanakan. SAM adalah singkatan dari Security Accounts Manager.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE, berguna untuk menyimpan konfigurasi perangkat keras di dalam sistem yang bersangkutan, seperti halnya konfigurasi sumber daya perangkat keras (interupsi perangkat keras, konfigurasi DMA, dan konfigurasi lainnya).
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SECURITY, berguna untuk menyimpan konfigurasi keamanan Windows.

HKEY_CURRENT_USER

Menyimpan informasi/data yang diasosiasikan dengan pengguna yang sedang masuk log. HKCU merupakan sebuah symbolic link ke kunci registry HKEY_USERS\<SID dari pengguna yang bersangkutan>. HKCU juga menyimpan informasi mengenai profil pengguna, konfigurasi perangkat lunak, dan preferensi mereka. Terdapat beberapa anak kunci, yakni:

  • AppEvents, yang digunakan untuk menyimpan asosiasi antara suara dengan sebuah event. Disarankan untuk menggunakan Control Panel->Sound untuk mengubahnya, dan jangan menyunting secara langsung dari sini.
  • Console, yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi jendela Command Prompt (cmd.exe); contoh: lebarnya, tingginya, dan warnanya. Disarankan untuk menggunakan Command Prompt->Properties untuk mengubahnya, dan jangan menyunting langsung dari sini.
  • Control Panel, digunakan untuk menyimpan konfigurasi screen saver, skema desktop, warna, keyboard, dan mouse. Selain itu juga dapat menyimpan informasi ketidakmampuan (accessibility) dan regional settings. Disarankan untuk menggunakan Control Panel->Display, Control Panel->Accessibility, dan Control Panel->Language and Regional Options untuk mengubahnya, dan jangan menyuntingnya secara langsung dari sini.
  • Environment, mengandung definisi Environment Variable. Disarankan untuk menggunakan Control Panel->System->Advanced->Environment Variables untuk mengubahnya, dan jangan menyunting langsung dari sini.
  • Keyboard Layout, menyimpan konfigurasi lay-out konfigurasi keyboard (contoh U.S. English, atau U.K. English, atau U.S. Dvorak, dan lain sebagainya).
  • Network, menyimpan konfigurasi dan pemetaan drive yang berada di jaringan.
  • Printers, menyimpan konfigurasi koneksi printer.
  • Software, digunakan untuk menyimpan preferensi pengguna terhadap sebuah perangkat lunak tertentu.
  • UNICODE
  • Windows 3.1 Migration Status

HKEY_USERS

Anak pohin HKEY_USERS mengandung beberapa anak yakni semua profil pengguna yang terdaftar di dalam sistem yang bersangkutan dan basis data registrasi objek OLE. Selain itu, anak pohon ini juga mengandung HKEY_USERS\.DEFAULT, yang dihubungkan dengan profil milik akun SYSTEM, yang merupakan profil yang digunakan oleh salah satu komponen Windows, WINLOGON.EXE, untuk menyimpan semua konfigurasi seperti halnya HKEY_CURRENT_USER, yakni bagaimana tampilan desktop, bagaimana konfigurasi perangkat keras dan lain-lain. Pengaturan yang diberlakukan terhadap HKU\.DEFAULT ini dapat menjadikan konfigurasi desktop dan lain-lain pada saat proses logon Windows akan berubah dari pengaturan default-nya.

Ketika seorang pengguna masuk log ke sebuah sistem untuk pertama kalinya, sementara akun miliknya tidak berupa roaming profile (yakni, sebuah profil pengguna yang disimpan di dalam tempat tersentralisasi di dalam domain controller), maka Windows akan membuatkan sebuah profil yang baru untuknya, yang dibuat berbasiskan pengaturan yang terdapat di dalam C:\Documents and Settings\Default User.

HKEY_CURRENT_CONFIG

Anak pohon HKEY_CURRENT_CONFIG mengandung data konfigurasi untuk profil perangkat keras (hardware profile) yang sedang digunakan oleh Windows. HKCC tidak mengandung data apapun, karena memang anak pohon ini merupakan sebuah symbolic link terhadap HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Hardware Profiles\Current. Dengan demikian, dengan mengubah kunci tersebut atau mengubah HKCC, akan menghasilkan sesuatu yang sama.

Penggunaan profil perangkat keras mengizinkan administrator untuk mengonfigurasikan beberapa variasi dari pengaturan driver perangkat keras yang digunakan pada saat melakukan booting. Meskipun profil yang digunakan dapat berubah dari satu proses booting ke proses booting lainnya, aplikasi dapat merujuk ke anak pohon ini untuk mencari profil mana yang sedang dimuat oleh Windows. Pengaturan profil perangkat keras dapat dilakukan dengan Control Panel->System->Hardware->Hardware Profiles. Jika ada lebih dari satu profil perangkat keras, maka komponen Windows, yakni NTLDR, akan menanyakan kepada pengguna mengenai profil yang harus dimuat pada saat proses booting dilakukan.

HKEY_CLASSES_ROOT

Anak pohon HKEY_CLASSES_ROOT mengandung dua jenis data, yakni:

  • Data yang mengasosiasikan jenis berkas (dilihat dari ekstensinya atau kelasnya) dengan program yang dapat membukannya. Subkunci jenis berkas di dalam HKEY_CLASSES_ROOT memiliki nama yang sama dengan ekstensi nama berkas, seperti halnya .txt, .exe, dan lain-lain. Asosiasi jenis berkas ini disimpan di dalam registry, tapi disarankan untuk menggunakan Folder Options->File Types jika memang hendak mengubahnya.
  • Data konfigurasi untuk objek-objek Object Linking and Embedding (OLE)/Component Object Model (COM).

Isi dari HKCR diambil dari dua sumber, yakni HKLM\SOFTWARE\Classes dan HKCU\SOFTWARE\Classes. Jika sebuah subkey atau entri terdapat di dalam salah satu dari dua lokasi tersebut, maka hal tersebut akan ditampilkan juga di dalam HKCR. Jika ada dua entri yang konflik di antara dua lokasi tersebut, hanya HKCU\SOFTWARE\Classes yang akan ditampilkan di dalam HKCR.

HKEY_DYN_DATA

[place holder]

Semua informasi di atas dapat dirangkum ke dalam tabel berikut

Anak pohon Keterangan
HKEY_CURRENT_USER Menyimpan informasi/data yang diasosiasikan dengan pengguna yang sedang masuk log.
HKEY_USERS Menyimpan informasi/data mengenai semua akun pengguna di dalam mesin yang sama
HKEY_CLASSES_ROOT Menyimpan informasi/data mengenai asosiasi berkas dengan aplikasinya dan registrasi objek Component Object Model (COM).
HKEY_LOCAL_MACHINE Menyimpan informasi/data mengenai semua konfigurasi mesin yang bersangkutan.
HKEY_PERFORMANCE DATA Menyimpan informasi mengenai kinerja sistem yang dikumpulkan oleh performance counter Windows NT.
HKEY_CURRENT_CONFIG Berisi beberapa informasi mengenai profil perangkat keras yang sedang digunakan.

Jenis data dalam registry

Sebuah value dapat memiliki jenis-jenis data seperti di bawah ini:

  • REG_NONE, yang merupakan sebuah jenis data registry yang tidak didefinisikan sebelumnya. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x00.
  • REG_SZ, merupakan jenis data teks (string) dengan panjang yang tetap (fixed-length string). Semua sistem operasi 32-bit Windows (Windows NT dan Windows 9x) mendukung jenis data registry ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x01.
  • REG_EXPAND_SZ, merupakan jenis data teks/string yang dapat diekspansi. Windows 9x tidak memiliki jenis data ini. Diperlukan editor registry khusus (regedt32.exe) untuk menangani jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x02.
  • REG_BINARY, merupakan jenis data biner, yang dapat berarti macam-macam (bisa berupa teks/string, atau bilangan). Semua sistem operasi 32-bit Windows (Windows NT dan Windows 9x) mendukung jenis data registry ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x03.
  • REG_DWORD, merupakan jenis data angka 32-bit. Semua sistem operasi 32-bit Windows (Windows NT dan Windows 9x) mendukung jenis data registry ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x04. Terdapat dua jenis implementasi dari jenis data ini, yakni:
    • REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN, yang merupakan jenis data REG_DWORD default dalam Windows NT yang dijalankan di atas prosesor Intel x86/x64. Jenis data ini berukuran 32-bit yang disusun dengan menggunakan format little-endian. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x05.
    • REG_DWORD_BIG_ENDIAN, yang merupakan jenis data REG_DWORD yang berukuran 32-bit yang disusun dengan menggunakan format big-endian. Jenis data ini hanya dapat didukung oleh Windows NT yang dijalankan di atas mesin DEC Alpha, MIPS, atau IBM PowerPC, yang memang menggunakan format bilangan big-endian. Windows NT 5.x yang hanya dapat berjalan di atas sistem x86 tidak menangani jenis data ini (terdapat limitasi pada mikroprosesor), meskipun Windows NT 5.x mendukungnya. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x06.
  • REG_MULTI_SZ, merupakan jenis data teks/string yang memiliki banyak baris yang dipisahkan dengan dua buah karakter null (0x00). Windows 9x tidak memiliki jenis data ini.Diperlukan editor registry khusus (regedt32.exe) untuk menangani jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x07.
  • REG_LINK, yang merupakan symbolic link ke sebuah objek Windows NT dalam ruang nama/namespace objek Windows NT (yang diatur oleh Object Manager Windows NT). Registry Editor default bawaan Windows (regedit.exe, regedt32.exe, dan utilitas command-line reg.exe) tidak dapat menyunting jenis ini. Jenis data ini digunakan secara internal oleh Windows NT saja, dan tidak digunakan oleh aplikasi. Registry dalam Windows 9x tidak memiliki jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x08.
  • REG_RESOURCE_LIST (Windows NT) atau REG_FULL_RESOURCE_DESCRIPTOR, yang merupakan jenis data registry yang hanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi perangkat keras dan driver-nya yang terinstalasi di atas sistem operasi Windows NT. Registry dalam Windows 9x tidak memiliki jenis data ini. Jenis data ini adalah kumpulan larik (array) yang digunakan untuk menyimpan daftar sumber daya (interupsi perangkat keras, Direct Memory Access (DMA), I/O range dan memory range) yang digunakan oleh komponen perangkat keras atau driver. Dibutuhkan registry editor khusus (regedt32.exe) untuk menyunting value dengan jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x09.
  • REG_QWORD, merupakan jenis data angka yang memiliki panjang 64-bit. Jenis data ini hanya terdapat di dalam sistem prosesor 64-bit saja, semacam DEC Alpha, IA-64, atau x64. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x12. Sama seperti halnya REG_DWORD, REG_QWORD juga terdapat dua jenis implementasi, yakni little-endian (REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN, dengan identifier 0x13) dan big-endian (REG_QWORD_BIG_ENDIAN, dengan identifier 0x14), meskipun secara default format yang digunakan adalah REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN. Diperlukan editor khusus untuk menyunting jenis data ini.


Jenis data registry, dapat dirangkum pada tabel berikut:

Jenis data Identifier Keterangan
REG_NONE 0x00 Jenis data belum ditentukan
REG_SZ 0x01 Teks/string berukuran tetap
REG_EXPAND_SZ 0x02 Teks/string yang dapat berubah-ubah.
REG_BINARY 0x03 Jenis data biner (dapat berupa apa saja)
REG_DWORD 0x04 Jenis data bilangan dengan ukuran 32-bit
REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN 0x05 Jenis data bilangan dengan ukuran 32-bit, dengan format little-endian. Dalam Windows NT 5.x, sama saja dengan REG_DWORD biasa.
REG_DWORD_BIG_ENDIAN 0x06 Jenis data bilangan dengan ukuran 32-bit, dengan format big-endian.
REG_MULTI_SZ 0x07 Jenis data teks/string dengan banyak baris yang dipisahkan dengan dua karakter null (0x00).
REG_LINK 0x08 Symbolic link dengan menggunakan format Unicode ke sebuah objek dalam Windows NT Object Manager.
REG_RESOURCE_LIST 0x09 Digunakan untuk menampung sumber daya perangkat keras.
REG_FULL_RESOURCE_DESCRIPTOR 0x10 Digunakan untuk menampung sumber daya perangkat keras.
REG_RESOURCE_REQUIREMENTS_LIST 0x11 Digunakan untuk menampung kebutuhan sumber daya perangkat keras.
REG_QWORD 0x12 Jenis data bilangan dengan ukuran 64-bit.
REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN 0x13 Jenis data bilangan dengan ukuran 64-bit, dengan menggunakan format little-endian.
REG_QWORD_BIG_ENDIAN 0x14 Jenis data bilangan dengan ukuran 64-bit, dengan menggunakan format big-endian.

Cara Download di You Tube

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendownload video dari situs YouTube, penasaran? , tinggal pilih caranya yang paling gampang menurut anda.

Cara Pertama





Cara Kedua

Download tool YouRipper di www.remlapsoftware.com/youripper.htm kemudian install.

Download video dari YouTube dengan YouRipper.

Format video berformat FLV (Flash Video). Untuk menjalankannya gunakan FLV Player atau
WimpyPlayer.

Player FLV
www.videospark.com
www.eolsoft.com
www.rivavx.de

Convert file FLV ke MP3
http://www.brothersoft.com/dvd_video/flash_tools/flv_to_mp3_converter_59437.html
http://www.flv-converter.com/flv-to-mp3.htm
http://www.flv2mp3.com/
http://www.smallvideosoft.com/download.php


Convert file FLV ke 3GP
http://www.soft29.com/flv_to_3gp.html
http://www.smallvideosoft.com/download.php

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Ketiga

Gunakan Mozilla Firefox sebagai browser. Jika belum ada download di http://www.mozilla.com/en-US/

Pastikan firefox yang telah di intall mempunyai flash plugin. jika belum install flash plugin dengan cara, masuk ke halaman web yang mempunyai flash seperti http://www.youtube.com/ , firefox akan otomatis mendeteksi flash plugin dan meminta anda untuk menginstalnya.

Install Cacheviewer, klik download yang berwarna hijau, ikuti petunjuk selanjutnya. Restart firefox..

Masuk ke Tools -> Clear Private Data -> pilih chache, Tekan "Clear Private Data Now".

Masuk ke website www.youtube.com, pilih video yang anda inginkan.. mainkan video tersebut. tekan pause. biarkan data di download dahulu ..

Pilih Tools-> Cacheviewer .. dalam field Search.. pilih “get_video” .. ( tanpa quote)

Klik Kanan pada url yang dijumpai.. dan simpan dalam bentuk flv file..
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Keempat

Buka Browser, masuk ke www.remlapsoftware.com/youripper.htm
Klik link [Download YouRipper] untuk men-download file installer berukuran 2,55MB.
Simpan di komputer.

Install youripper220.exe
Setelah terinstal aktifkan aplikasi tsb dgn mengklik [Start][All Program][Youripper][Youripper]. Panel aplikasi akan muncul diatas browser anda.

Masuk ke www.youtube.com.
Klik [videos] lalu pilih video yang anda inginkan utk di download. klik pada thumbnail video atau link di bawahnya.

Video akan tampil dalam halaman baru.
Cari kotak “URL” & blok alamat web yang ada didalamnya. klik kanan seleksi, lalu pilih [copy].

Arahkan pointer ke panel Youripper.
Klik kotak isian yang berada di bagian tengah. lalu tekan [Ctrl]+[V] untuk memasukkan alamat video yang akan di download.
Untuk memulai download klik ikon bertanda panah putih dalam kotak hijau.

Boks Save Video as Flash Movie akan muncul. tentukan folder penyimpanan serta nama video tsb.
Klik [Save]. Bar proses download akan tampil di jendela program.
Tunggu hingga proses download selesai.

File video yang anda dapatkan berformat FLV.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Kelima

Masuk ke youtube.com, cari video yang diinginkan. Copy alamat urlnya.

Ketik http://video.qooqle.jp/dl/ atau http://t00.biz/

Paste alamat url youtube yang dicopy tadi

Click “Get Download URL”
Klik Kanan “Download URL” pilih Save target as.. kemudian simpan dengan ektensi flv misalnya video.flv.

Flv adalah flash movie. Untuk memainkannya dibutuhkan flv player. seperti K-Lite Codec.
K-Lite Codec ini bisa memainkan sebagian besar format movie.
K-Lite Codec dapat didownload di http://filehippo.com/download_klite_codec_pack/
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Keenam

Untuk mendownload video yang ada di you tube, dapat pula dilakukan dengan menggunakan software atau bisa juga menggunakan layanan website yang menyediakan fasilitas untuk mendownload video-video yang ada di youtube, website tersebut antara lain :

1. http://video.qooqle.jp/dl/
2 . http://www.techcrunch.com/get-youtube-movie/

Sebagai contoh kita akan mendownload melalui www.techcrunch.com/get-youtube-movie/, :
1. Masuk ke http://www.techcrunch.com/get-youtube-movie/
2. Tunggu hingga muncul pada web browser
3. Kemudian masukkan alamat video you tube yang di download, lalu klik get video.
4. Tunggu beberapa saat hingga muncul konfirmasi download ;)
5. Selesai.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara diatas merupakan sebagian dari sekian banyak cara untuk download file video dari YouTube. Untuk cara lainnya, silakan anda browsing dengan menggunakan search engine seperti google dan pilih cara yang disukai dan paling mudah diikuti menurut anda.