Selasa, November 04, 2008

AntiVirus Gratis dengan rating bagus dan standard untuk dimiliki....

Perkembangan virus baru kita rasakan cepat sekali saat komputer kita terkena virus sampai kita kita merasa putus asa untuk dapat membersihkannya.... hehehe saat itu baru kita merasa perlu sekali sebuah antivirus yang dapat diandalkan menjaga peralatan kita. Namun sampai saat ini tidak ada satu antivirus didunia yang bisa membendung serangan berbagai virus yang setiap harinya selalu bertambah dan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Akhirnya kita merasa bahwa Antivirus adalah program wajib dalam komputer.

Oleh karena kegunaannya tersebut, beberapa vendor antivirus memasang bandrol yang sebenernya terjangkau sih, tapi oleh karena seperti yang saya sebutkan di atas kita kadang mencari Antivirus yang gratis, khususnya yang sedang menghindari kena sweeping atau pemeriksaan software bajakan. Antivirus yang bayar menawarkan perlindungan yang lebih komplit dan customer care. Ini daftar antivirus terbaru dan alamat update-nya. Update diperlukan karena setiap hari bermunculan virus-virus baru.

1. Avira AntiVir PersonalEdition Classic

Avira AntiVir Avira menawarkan software anti virus yang lengkap dan gratis. Software ini juga dilengkapi perlindungan terhadap virus, trojans, backdoor program, worm, dan lain-lain.

2. AVG Free Edition

AVG dilengkapi dengan resident shield, email scanner, anti virus/trojan. Tidak berat dijalankan di komputer.

3. PCclear Antispyware with Free Antivirus

PCclear Antispyware with Free Antivirus merupakan software anti virus gratis yang dilengkapi dengan anti spyware, active X & registry protection, dan history sweeping.

4. Avast Home Edition

Avast Home Edition menawarkan anti virus, worm, trojan, boot time scanner, feature screen saver scaner membuat antivirus ini dapat bekerja sebagai screen saver.

5. Gucup Antivirus (GAV)

Gucup antivirus mampu men-scan virus dan malware. Dapat mendeteksi virus dalam ZIP atau RAR file. Buatan Universitas AtmaJaya Yogyakarta Indonesia.

6. BitDefender Free Edition

BitDefender adalah antivirus gratis yang juga anti spyware yang menawarkan update setiap jam.

7. RemoveIT Pro

RemoveIT Pro adalah anti virus gratis yang juga mendeteksi dan menghilangkan Spyware, Malware, Worm, Trojan dan Adware.

8. Comodo AntiVirus

Comodo AntiVirus menawarkan proteksi tehadap antivirus dilengkapi anti spyware, trojan, dan malware yang lain. Ditambah feature email scanning dan worm blocker.

________________________________________________________

Tips:

  • Selalu update program antivirus (virus definition dan engine) agar terhindar dari virus-virus baru. Jika memungkinkan update setiap minggu atau paling tidak setiap bulan.
  • Jangan menginstall lebih dari satu antivirus dalam suatu sistem, karena akan memperlambat sistem tersebut.
  • Banyak virus yang icon-nya mirip file biasa (misalnya mirip Microsoft Word atau JPG), padahal file tersebut adalah virus dan memiliki ekstensi EXE (executable). Untuk menghindari hal seperti ini, buka Windows Explorer, Tool -> Folder Option -> View. Check pada pilihan Show Hidden Files and Folder, uncheck pada pilihan Hide Extension for Known Type Files, uncheck pada pilihan Hide Protected Operating System Files.
  • Berhati-hati membuka file EXE atau COM dari Internet atau komputer lain. Selalu scan file yang diperoleh dari luar komputer, apalagi hasil download dari Internet.
  • Daftar antivirus di atas diurutkan pada jumlah download di Softpedia. Antivirus yang paling sering di-download adalah antivirus yang populer dan dipercaya banyak orang (plus iklan yang bagus). Daftar di atas tidak diurutkan berdasarkan performa.

Tidak ada komentar: